tutorial blender membuat simulasi air ke gelas
pada artikel kali ini saya masih tetap penasaran dengan software blender ini dan kali ini saya membuat animasi air ke gelas sebagai simulasi air yang tampak nyata pada animasi 3D , untuk ini saya tahap demi tahap mencoba belajar untuk mengetahui fungsi dari menu menu blender yang begitu banyak sekali dan saya sendiri masih sedikit sekali tahu fungsi menu blender ini.
namun yang namanya belajar tentunya mencari pelajaran yang menurut saya asik hingga menjalani nya tidak terbebani hehehe.
ini adalah hasil dari screenshot dari pembuatan membuat simulasi air ke gelas
untuk hasil animasi nya bisa dilihat pada video tutorial blender membuat simulasi air ke gelas
jika sobat lebih menyukai tutorial versi teks nya saya sediakan juga :)
pembuatan gelas pada blender
1.delete cube dan kamera lalu shift+A mesh >> circle pada circle rubah vertikes :16 dan fill type: triangle fun
2.TAB lalu seleksi garis luar circle lalu tekan 1 lalu tekan 5 dan tekan E dan naik kan
3. tekan S lalu perlebar atas gelas dan simpan kursor ditengah lalu CTRL+R dan klik kiri lalu tekan S dan perkecil
4.TAB pilih object modifier >> add modifier >> solidify rubah thick ke 0.600 klik apply
5. zoom in lalu tekan Z lalu TAB lalu A 3x, lalu zoom in lagi bawah gelas lalu tekan B untuk seleksi bagian
kedua bawah gelas lalu naikkan secukupnya lalu tekan S rapatkan ujung yang diseleksi
6. TAB lalu tekan Z lalu add modifier pilih subdivision surface rubah view:3 render:3
7. TAB lalu kursor simpan di 25% dari bawah lalu CTRL+R lalu klik kiri geser ke bawah sampai rata gelas paling bawah
8. kursor disimpan 75% dari bawah lalu CTRL+R lalu tarik ke bagian paling atas gelas
9.tekan Z lalu A lalu kursor disimpan dibagian bawah tengah tekan CTRL+R lalu klik kiri dan
tarik hingga kebagian paling bawah gelas dalam
10.kursor simpan di 75% lalu CTRL+R lalu klik kiri tarik hingga paling atas gelas
11. TAB tekan Z klik smooth 2X yang ada di menu tool kiri
12. TAB lalu kursor simpan dibagian atas garis tengah lalu CTRL+R lalu bikin 3x dan yang paling tengah tekan S lalu tarik keluar
agar seperti tonjolan
membuat latar belakang dan alas
13. sama sepert 12 tapi bagian bawah
14. TAB lalu SHIFT+A mesh>>plane lalu simpan dibagian bawah gelas yang pas dan perbesar dngan tekan S
15. tekan 5 lalu nol lalu lock kamera , dan sesuaikan plane menjadi pas layar kamera memanjang dengan tekan R dan Y lalu
tekan S dan lebarkan
16. TAB lalu pilih EDGE SELECT yang ada disamping tulisan global dan klik kanan pada ujung plane lalu tekan E
dan naikkan secukupnya
17. TAB lalu klik kanan pada gelas lalu pilih CYCLE RENDER,lalu pilih menu MATERIAL pilih new ,
rename menjadi gelas pada surface : glas BSDF color terangkan , lalu klik kanan pada plane yang berdiri pilih new dan
material rename menjadi papan , rubah surface:MIX SHADER , fac:0.800 , shader : DIFUSE BSDF , color terangkan
lalu shader ke 2 pilih GLOSSY BSDF , color terangkan
18. klik tanda + yang ada pada material PAPAN lalu klik new lalu material rename menjadi papan2 , surface:emission
strenght:3.000 , color klik pada titik lalu pilih image teksture lalu pilih gambar yang akan dijadikan latar belakang
vector : UV , lalu TAB
19. klik FACE SELECT yang ada pada tulisan global , klik kanan pada plane yang berdiri ,tekan U pilih unwrap
20. TAB pilih teksture disebelah object mode , klik pada PAPAN2 , TAB ,pilih assign
21. TAB klik pada kanan atas lalu tarik kebawah agar tampilan menjadi dua
22.pada tampilan atas pilih menu UV/image editor ,lalu sebelahnya klik lalu pilih gambar yang dipilih tadi kae.jpg
23.zoom out pada tampilan atas , lalu TAB pada tampilan bawah , lalu pada tampilan atas tekan G lalu sesuaikan kotaknya
lalu tekan S untuk menyesuaikan dan klik pada kanan atas yang pada tampilan kedua lalu geser keatas agar tampilan
menjadi satu lagi
pembuatan air
24. TAB lalu pilih RENDERED yang disebelah object mode
25. pilih solid yang disebelah object mode lalu view dari front orthografic , lalu hilangkan mata nya pada PLANE
lalu SHIFT+S pilih cursor to center lalu SHIFT+A mesh>> cube lalu simpan ketengah gelas dengan menarik sumbu Z
26.pilih WIREFRAME ,lalu S lalu Z lalu besarkan cube nya sampai menutupi gelas dan paskan bawah cube dengan bawahnya gelas
lalu S dan X besarkan kesamping dan sesuaikan hingga gelas berada pada samping kanan gelas
27. shift+s lalu pilih cursor to select , SHIFT+A mesh>>UV SPHERE lalu tekan S lalu tekan 0.35 lalu UV nya geser hingga kekiri atas
dan tekan NOL
28.ubah ke view front ortho klik kanan pada cube lalu S dan Z perbesar lagi klik 3 lalu sesuaikan cube nya hingga menutupi gelas
dengan cara tekan S dan Y dan tekan 1
29. pilih menu physic lalu pilih fluid dan type:DOMAIN
30. klik kanan pada UV lalu fluid type:inflow
31. klik kanan pada gelasnya pilih fluid type:obstacle
32. klik lagi mata PLANE pada kanan atas lalu klik kanan pada plane nya pilih fluid dan type:obstacle volume initialize:shell
33.klik kanan pada UV pada inflow velocity x:0.900 dan klik kanan pada gelas rubah pada volume initialize:shell ,slip type:free slip
34.klik kanan pada cube pada resolution:final:45 dan preview:1 dan viewport display:final
35.klik menu render lalu framerate:25 lalu balik lagi ke menu physic lalu pada timeline end frame nya isi 25 dan pada menu fluid
end diisi 1000
36.pada folder penyimpanan cache saya memilih folder D:// di pc saya
37.pada menu fluid world viscosity preset : water pada real size world : 0.300 lalu menu fluid boundary subdivision:1 lalu pada menu
fluid particle generate:0.300 lalu klik BAKE untuk melihat simulasinya dan play pada timeline
38.klik kanan pada UV nya lalu rename sphere nya menjadi TEKO lalu pada cube rename menjadi ALAS ini untuk mempermudah pengingatan mana
yang akan di rubah
39.terakhir memastikan kualitas air tentu nya silahkan klik UV nya lalu rubah di inflow velosity nya menjadi 1.000 lalu klik
kanan pada air nya pada resolusion finalnya ganti menjadi 180 lalu klik BAKE dan tunggulah sampai selesai merender
40.klik kanan pada airnya lalu pilih menu material lalu klik new silahkan ganti nama materialnya disini saya ganti jadi AIR
lalu IOR nya rubah jadi 1.330 color terangkan
41.langkah penyelesaian klik render lalu pilih tv pal 4:3 dan klik animasi selesai
semoga kita bisa sama sama belajar yah :)
namun yang namanya belajar tentunya mencari pelajaran yang menurut saya asik hingga menjalani nya tidak terbebani hehehe.
ini adalah hasil dari screenshot dari pembuatan membuat simulasi air ke gelas
untuk hasil animasi nya bisa dilihat pada video tutorial blender membuat simulasi air ke gelas
jika sobat lebih menyukai tutorial versi teks nya saya sediakan juga :)
pembuatan gelas pada blender
1.delete cube dan kamera lalu shift+A mesh >> circle pada circle rubah vertikes :16 dan fill type: triangle fun
2.TAB lalu seleksi garis luar circle lalu tekan 1 lalu tekan 5 dan tekan E dan naik kan
3. tekan S lalu perlebar atas gelas dan simpan kursor ditengah lalu CTRL+R dan klik kiri lalu tekan S dan perkecil
4.TAB pilih object modifier >> add modifier >> solidify rubah thick ke 0.600 klik apply
5. zoom in lalu tekan Z lalu TAB lalu A 3x, lalu zoom in lagi bawah gelas lalu tekan B untuk seleksi bagian
kedua bawah gelas lalu naikkan secukupnya lalu tekan S rapatkan ujung yang diseleksi
6. TAB lalu tekan Z lalu add modifier pilih subdivision surface rubah view:3 render:3
7. TAB lalu kursor simpan di 25% dari bawah lalu CTRL+R lalu klik kiri geser ke bawah sampai rata gelas paling bawah
8. kursor disimpan 75% dari bawah lalu CTRL+R lalu tarik ke bagian paling atas gelas
9.tekan Z lalu A lalu kursor disimpan dibagian bawah tengah tekan CTRL+R lalu klik kiri dan
tarik hingga kebagian paling bawah gelas dalam
10.kursor simpan di 75% lalu CTRL+R lalu klik kiri tarik hingga paling atas gelas
11. TAB tekan Z klik smooth 2X yang ada di menu tool kiri
12. TAB lalu kursor simpan dibagian atas garis tengah lalu CTRL+R lalu bikin 3x dan yang paling tengah tekan S lalu tarik keluar
agar seperti tonjolan
membuat latar belakang dan alas
13. sama sepert 12 tapi bagian bawah
14. TAB lalu SHIFT+A mesh>>plane lalu simpan dibagian bawah gelas yang pas dan perbesar dngan tekan S
15. tekan 5 lalu nol lalu lock kamera , dan sesuaikan plane menjadi pas layar kamera memanjang dengan tekan R dan Y lalu
tekan S dan lebarkan
16. TAB lalu pilih EDGE SELECT yang ada disamping tulisan global dan klik kanan pada ujung plane lalu tekan E
dan naikkan secukupnya
17. TAB lalu klik kanan pada gelas lalu pilih CYCLE RENDER,lalu pilih menu MATERIAL pilih new ,
rename menjadi gelas pada surface : glas BSDF color terangkan , lalu klik kanan pada plane yang berdiri pilih new dan
material rename menjadi papan , rubah surface:MIX SHADER , fac:0.800 , shader : DIFUSE BSDF , color terangkan
lalu shader ke 2 pilih GLOSSY BSDF , color terangkan
18. klik tanda + yang ada pada material PAPAN lalu klik new lalu material rename menjadi papan2 , surface:emission
strenght:3.000 , color klik pada titik lalu pilih image teksture lalu pilih gambar yang akan dijadikan latar belakang
vector : UV , lalu TAB
19. klik FACE SELECT yang ada pada tulisan global , klik kanan pada plane yang berdiri ,tekan U pilih unwrap
20. TAB pilih teksture disebelah object mode , klik pada PAPAN2 , TAB ,pilih assign
21. TAB klik pada kanan atas lalu tarik kebawah agar tampilan menjadi dua
22.pada tampilan atas pilih menu UV/image editor ,lalu sebelahnya klik lalu pilih gambar yang dipilih tadi kae.jpg
23.zoom out pada tampilan atas , lalu TAB pada tampilan bawah , lalu pada tampilan atas tekan G lalu sesuaikan kotaknya
lalu tekan S untuk menyesuaikan dan klik pada kanan atas yang pada tampilan kedua lalu geser keatas agar tampilan
menjadi satu lagi
pembuatan air
24. TAB lalu pilih RENDERED yang disebelah object mode
25. pilih solid yang disebelah object mode lalu view dari front orthografic , lalu hilangkan mata nya pada PLANE
lalu SHIFT+S pilih cursor to center lalu SHIFT+A mesh>> cube lalu simpan ketengah gelas dengan menarik sumbu Z
26.pilih WIREFRAME ,lalu S lalu Z lalu besarkan cube nya sampai menutupi gelas dan paskan bawah cube dengan bawahnya gelas
lalu S dan X besarkan kesamping dan sesuaikan hingga gelas berada pada samping kanan gelas
27. shift+s lalu pilih cursor to select , SHIFT+A mesh>>UV SPHERE lalu tekan S lalu tekan 0.35 lalu UV nya geser hingga kekiri atas
dan tekan NOL
28.ubah ke view front ortho klik kanan pada cube lalu S dan Z perbesar lagi klik 3 lalu sesuaikan cube nya hingga menutupi gelas
dengan cara tekan S dan Y dan tekan 1
29. pilih menu physic lalu pilih fluid dan type:DOMAIN
30. klik kanan pada UV lalu fluid type:inflow
31. klik kanan pada gelasnya pilih fluid type:obstacle
32. klik lagi mata PLANE pada kanan atas lalu klik kanan pada plane nya pilih fluid dan type:obstacle volume initialize:shell
33.klik kanan pada UV pada inflow velocity x:0.900 dan klik kanan pada gelas rubah pada volume initialize:shell ,slip type:free slip
34.klik kanan pada cube pada resolution:final:45 dan preview:1 dan viewport display:final
35.klik menu render lalu framerate:25 lalu balik lagi ke menu physic lalu pada timeline end frame nya isi 25 dan pada menu fluid
end diisi 1000
36.pada folder penyimpanan cache saya memilih folder D:// di pc saya
37.pada menu fluid world viscosity preset : water pada real size world : 0.300 lalu menu fluid boundary subdivision:1 lalu pada menu
fluid particle generate:0.300 lalu klik BAKE untuk melihat simulasinya dan play pada timeline
38.klik kanan pada UV nya lalu rename sphere nya menjadi TEKO lalu pada cube rename menjadi ALAS ini untuk mempermudah pengingatan mana
yang akan di rubah
39.terakhir memastikan kualitas air tentu nya silahkan klik UV nya lalu rubah di inflow velosity nya menjadi 1.000 lalu klik
kanan pada air nya pada resolusion finalnya ganti menjadi 180 lalu klik BAKE dan tunggulah sampai selesai merender
40.klik kanan pada airnya lalu pilih menu material lalu klik new silahkan ganti nama materialnya disini saya ganti jadi AIR
lalu IOR nya rubah jadi 1.330 color terangkan
41.langkah penyelesaian klik render lalu pilih tv pal 4:3 dan klik animasi selesai
semoga kita bisa sama sama belajar yah :)